THR PNS Cair Mulai 4 April, Tidak Serentak Tapi Sesuai Pengajuan

THR PNS Cair
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani

JAKARTA, radartegalonline– Kabar THR PNS cair mulai 4 April menjadi salah satu yang tengah menjadi sorotan saat ini. Pasalnya, Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini menjadi salah satu harapan calon penerimanya untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran.

Daftar penerima THR PNS tahun 2023 itu terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pusat, prajurit TNI dan Polri, dan pejabat negara sekitar 1,8 juta orang.

Lalu ada ASN daerah sebanyak 3,7 juta orang. Ini sudah termasuk di dalamnya guru ASN daerah yang menerima tunjangan profesi guru sebanyak 1,1 juta guru. Kemudian guru ASN daerah yang menerima Tunjangan Tambahan Penghasilan sebanyak 527,4 ribu orang.

Selain itu, THR PNS ini juga bakal cair untuk para pensiunan dan penerima pensiun yang berjumlah 2,9 juta pensiunan.

BACA JUGA: Siap-siap! THR PNS Cair Mulai 10 Hari Sebelum Lebaran

Tidak Serentak

Mengenai hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengumumkan THR bagi ASN, TNI, Polri dan pensiunan tersebut. Dia membenarkan tunjangan itu akan cair mulai H-10 Idul Fitri. Ini artinya THR akan cair pada 4 April 2023.

Namun, pembagian THR ini kemungkinan tidak dapat berlangsung secara serentak. Karena, hal itu bergantung kepada pengajuan surat oleh masing-masing instansi baik pusat dan daerah.

“Untuk pencairan THR ini akan dimulai pada H-10 dari Hari Raya Idul Fitri. Ini kira-kira tanggal 4 April sudah mulai dicairkan,” ungkapnya dalam konferensi pers, Jumat, 31 Maret 2023.

Berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi, pembagian THR PNS ini memang tidak pernah bersamaan. Bahkan, banyak juga ASN yang menerima tunjangan setelah hari raya.

Meski demikian, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa jika THR pembayarannya setelah Lebaran, THR-nya tidak akan hangus.

“Tidak berarti THR-nya hangus. THR tetap bisa dibayarkan sesudah Hari Raya Idulfitri,” tegasnya.

BACA JUGA: Cair Maksimal H-7 Lebaran, THR 2023 Wajib Dibayar Penuh!

Menyesuaikan Cuti Bersama

Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah pusat, kementerian dan lembaga, dapat mengajukan SPM ke KPPN mulai H-10 menyesuaikan penetapan cuti bersama oleh pemerintah. Sementara itu, pencairan dari KPPN sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Pihaknya memastikan pemerintah pusat akan terus mengimbau dan bekerja sama seluruh kementerian. Termasuk lembaga serta pemerintah daerah agar THR bisa cair sebelum Lebaran.

Selain itu, dia meminta Kementerian Dalam Negeri akan menginstruksikan kepada seluruh pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan penyusunan perkada tentang pembayaran THR dan gaji ke-13 dalam minggu ini. ***

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *