Tarkam, Cara Gali Potensi Pemain Sepak Bola di Kabupaten Tegal

Sepak bola merupakan cabang olah raga yang paling digemari masyarakat. Sayangnya, di wilayah Tegal, prestasi cabang olah raga ini belum begitu menonjol. Karena itu, sejumlah daerah berupaya keras melahirkan bibit-bibit pemain sepak bola dengan berbagai cara.

Di Kabupaten Tegal misalnya, untuk mencari atau melahirkan bibit pemain sepak bola berkualitas di lakukan dengan cara menggelar turnamen atau biasa disebut tarkam.


Kali ini tarkam dipelopori Desa Suradadi Kecamatan Suradadi yang mengadakan kegiatan bertajuk Turnamen Open Piala NCM Suradadi. Turnamen ini dilaksanakan selama 31 hari, sejak 15 Mei hingga 19 Juni 2022, dengan peserta sebanyak 32 klub berhadiah total 50 juta rupiah.


Menurut Penyelenggara Turnamen, Wakris, yang akrab disapa Bang Jek, 31 klub itu berasal dari berbagai daerah. Di antaranya, Cirebon, Kuningan, Jepara, Batang, Kendal dan mayoritas dari Kabupaten Tegal serta Pemalang.


Sejak babak penyisihan sampai dengan final, kegiatan berlangsung lancar tanpa kendala. Juara pertama diraih Otoro FC Cirebon dan juara dua diraih Persiban Kebandingan Kabupaten Tegal.
Ditambahkan Ketua Panitia Turnamen, Tubagus KA, turnamen ini sebagai upaya untuk mencari bibit pemain sepak bola di Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Selain itu, juga untuk meningkatkan perekonomian di wilayah Suradadi.


Sementara itu, pelaksanaan Turnamen Open Piala NCM Suradadi mendapat dukungan dari Ketua Asosiasi Sepak Bola Kabupaten atau Askab Tegal KRT Sugono Adinagoro. Menurutnya, turnamen ini merupakan kali pertama diselenggarakan di Kabupaten Tegal setelah vakum dua tahun karena pandemi Covid-19.

Comment