Kasihan…, Ratusan Calon Jamaah Haji di Pemalang Ditunda Pemberangkatannya

Ratusan calon jemaah haji di Kabupaten Pemalang sepertinya harus legowo dan berlapang dada menerima kenyataan. Sebab harapan mereka untuk bisa menunaikan Rukun Islam yang ke-5 harus tertunda.


Plt Kasi Penyelengaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang Umayah menuturkan, calon jamaah haji asal Kabupaten Pemalang yang diberangkatkan pada musim haji tahun 2022 berjumlah 302 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan cadangan 2 orang.


Calon jamaah haji Kabupaten Pemalang tergabung dalam kloter 35 dan kloter 36. Adapun calaon jamaah haji yang cadangan masuk ke dalam kloter 44, bergabung dengan kabupaten lain di Jawa Tengah.
Menurut Umayah, Kabupaten Pemalang pada saat kondisi normal biasanya mendapat kuota memberangkatan haji sebanyak 600 orang lebih. Tahun ini, Kabupaten Pemalang hanya mendapat jatah memberangkatkan 48 persen dari kuota normal.


Jadi sekitar separo lebih calon jamaah haji terpaksa ditunda pemberangkatannya karena terbentur oleh aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi, yaitu usianya diatas 65 tahun. Selain itu, syarat calon jamaah haji harus sudah menjalani vaksin lengkap.


Plt Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Pemalang, Umayah lebih jauh menyampaikan, calon jamaah haji Pemalang yang masuk kloter 35 diberangkatkan dari Pendapa Kabupaten menuju ke Asrama Haji Donohudan Solo pada Minggu 26 Juni 2022. Sedangkan kloter 36 keesokan harinya atau Senin 27 Juni 2022.


Sementara untuk kloter 44 yang didalamnya ada 2 orang calon jamaah haji cadangan asal Pemalang, diberangkatkan paling akhir bersama calon haji dari kabupaten lain. Umayah harap aturan pemberangkatan haji segera kembali normal, sehingga kuotanya juga kembali dan calon jamaah haji yang tahun ini sudah lunas pembayarannya, bisa diberangkatkan pada tahun 2023 mendatang.

Comment