Inspektorat Lakukan Pre-Audit Terkait Transparansi di Puskesmas Tonjong, Ini Hasilnya

BREBES – Tim Inspektorat didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes melakukan Pre-Audit (Pencegahan) terhadap Puskesmas Tonjong, Jum’at 28 Oktober 2022.

Hal itu, menindaklanjuti protes tenaga kesehatan (nakes) puskesmas tersebut terkait tidak adanya transparansi insentif. Khususnya, bagi Tim Tracer Covid dan vaksin yang diterima 2021 lalu.

Selain menghadirkan kapus Tonjong, perwakilan nakes puskesmas juga dihadirkan saat pemeriksaan. Pemeriksaan berlangsung tertutup di ruang kerja sekaligus didampingi kepala Dinas Kesehatan.

“Dari hasil Pre Audit Inspektorat, terkait rincian dan transparansi insentif sudah clear. Sehingga, semua dinyatakan selesai dan sudah sesuai,” ungkap Kadinkes Brebes Ineke Tri Sulistyowati.

Dijelaskannya, dalam pemeriksaan tersebut dilakukan oleh empat personel dari Inspektorat. Kemudian, pihaknya ikut mendampingi dalam mengkroscek berkas insentif yang dipersoalkan. Dari hasil pre audit itu kedua pihak internal puskesmas sudah saling menerima. Artinya, baik nakes puskesmas maupun kapus sudah bisa membuktikan transparansi.

“Kalau masalah transparansi keuangan sudah clear selesai. Tapi, terkait kinerja kapus masih dalam proses pembinaan lebih lanjut,” jelasnya.

Ditambahkannya, adanya permasalahan internal antara nakes dengan kepala puskesmasnya diharapkan menjadi evaluasi bersama. Jik muncul konflik, kata dia, sebaiknya diselesaikan secara musyawarah melalui dinkes. Sehingga, tidak memicu kegaduhan dan menimbulkan informasi liar di luar.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Brebes melalui Inspektur Pembantu Agus saat dikonfirmasi menambahkan, pihaknya membenarkan sudah selesai melakukan pemeriksaan keuangan dari Puskesmas Tonjong.

Hasilnya, semua sudah dinyatakan selesai, clear dan sesuai. Sehingga, kedua pihak baik nakes maupun kepala puskesmasnya juga sudah saling menerima. (radartegal.id)

Comment