Fakta Pohon Ketapang yang Banyak Orang Jarang Tahu

Fakta pohon ketapang
Fakta pohon ketapang. (Foto: Istimewa)

radartegalonline – Fakta pohon ketapang. ketapang adalah pohon yang banyak orang sudah tahu. Pohon ini tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia.

Pohon ketapang memang banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan, sehingga banyak orang yang sudah mengenal dan memahaminya. Ketapang memiliki cabang dan tajuk yang memiliki bentuk unik dan khas, dapat diamati dengan jelas.

Mari kita mengenal lebih dekat dengan pohon ketapang ini. Radartegalonline akan memberikan beberapa informasi tentang pohon ketapang.

Info pohon ketapang

Morfologi pohon ketapang

Pohon ketapang atau Ceiba pentandra merupakan salah satu spesies pohon yang banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Pohon ketapang memiliki berbagai ciri-ciri morfologi yang membuatnya mudah dikenali, seperti:

  1. Bentuk fisik: Pohon ketapang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 60 meter, dengan diameter batang mencapai 3 meter. Batangnya biasanya memiliki tonjolan atau cekung yang unik. Selain itu, pohon ketapang juga memiliki cabang dan tajuk yang menarik dengan bentuk khas yang mudah dikenali.
  2. Kulit batang: Kulit batang pohon ketapang memiliki tekstur kasar dan berwarna coklat keabu-abuan. Kulitnya juga mengelupas dan meninggalkan bekas-bekas yang menarik pada batang.
  3. Daun: Daun pohon ketapang berbentuk majemuk dengan jumlah anak daun mencapai 5-9. Ukuran daunnya bervariasi, dengan panjang mencapai 30 cm dan lebar mencapai 15 cm. Daunnya juga berwarna hijau dengan permukaan yang mengkilap.
  4. Bunga: Bunga pohon ketapang memiliki diameter mencapai 15 cm dan berwarna putih atau krem. Bunga ini memiliki banyak benang sari dan putik yang mencolok.
  5. Buah: Buah pohon ketapang berbentuk kapsul dan berdiameter sekitar 15 cm. Ketika matang, buah ini pecah dan mengeluarkan serat-serat halus yang berfungsi untuk menyebar biji.

Ketapang memiliki berbagai manfaat, baik sebagai bahan bangunan, bahan obat tradisional, maupun sebagai pohon peneduh dan penghijauan. Dengan morfologi yang unik dan mudah dikenali, pohon ketapang menjadi salah satu spesies pohon yang penting dalam ekosistem dan budaya Indonesia.

Fakta berikut ini mungkin adalah fakta tentang pohon ketapang yang belum kamu ketahui.

Fakta pohon ketapang yang jarang orang tahu

1. Pertumbuhannya yang jumbo

Pohon Ketapang dapat mencapai ketinggian hingga 30 meter dan memiliki ciri khas akar yang menjalar dan membentuk cabang-cabang baru yang akhirnya tumbuh menjadi pohon-pohon kecil yang terhubung dengan akar utama. Inilah yang membuat pohon ketapang mendapat julukan sebagai “pohon berganda”.

2. memiliki umur yang panjang

Dapat hidup hingga ratusan tahun dan orang anggap sebagai salah satu pohon tertua di dunia. Salah satu contohnya adalah pohon ketapang yang orang temukan di Sri Lanka dan telah diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun.

3. Fakta pohon ketapang: Pohon yang dianggap suci

Selanjutnya Ketapang orang anggap suci dalam kebudayaan Hindu dan sering menjadi tempat ibadah. Di India, terdapat beberapa pohon ketapang yang menjadi tempat pemujaan umat Hindu, salah satunya adalah pohon ketapang yang terkenal di kota Allahabad.

4. Memiliki banyak manfaat bagi lingkungan

Memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Daunnya dapat orang manfaatkan sebagai pakan ternak, sedangkan kayunya dapat orang gunakan sebagai bahan bangunan dan kerajinan.

5. Fakta pohon ketapang: Manfaat di bidang medis

Memiliki nilai penting dalam bidang medis. Akar pohon ketapang mengandung senyawa yang dapat orang gunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti diare dan infeksi saluran kemih.

6. Mampu bertahan di cuaca dan tanah ekstrim

Dapat bertahan dan tumbuh dengan subur di berbagai kondisi tanah dan cuaca, termasuk di daerah yang kering dan gersang. Oleh karena itu, pohon ketapang sering menjadi simbol ketahanan dan keabadian.

7. Fakta pohon ketapang: Tempat burung singgah

Beberapa spesies burung dan mamalia menggunakan pohon ketapang sebagai tempat bertengger dan mencari makanan. Di Indonesia, misalnya, burung Jalak Bali sering terlihat bersarang di pohon ketapang.

Demikian pembahasan dari fakta pohon ketapang yang banyak orang jarang tahu. kamu juga bisa membaca artikel lainnya di radartegal.com.***

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *