Islami  

Bikin Cepat Lapar Makanan Santap Sahur Ini Sebaiknya Dihindari, Salah Satunya Gorengan

Makanan santap sahur

TEGAL, radartegalonline – Asupan energi sepanjang hari sangat Anda perlukan selama menjalani ibadah puasa Ramadhan. Cukup atau tidaknya pasokan energi itu, sangat bergantung pada makanan santap sahur yang Anda konsumsi.

Kaerna kandungan gizi serta nutrisi dalam hidangan makanan santap sahur, sangat Anda butuhkan. Utamanya supaya tubuh tetap fit, untuk melakukan semua aktivitas selama Anda menjalani ibadah puasa Ramadhan.

Tetapi,perlu Anda ingat, tidak semua menu makanan santap sahur bisa Anda konsumsi. Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari. Karena tidak hanya bisa menimbulkan rasa lapar, tapi juga berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh saat berpuasa.

Lantas apa saja makanan santap sahur yang sebaiknya Anda hindari. Jenis-jenisnya ada di bawah ini yang merupakan rangkum dari berbagai sumber.

1. Makanan Tinggi Gula
Tidak semanis rasanya yang biasa Anda santap saat berbuka puasa. Beberapa olahan manis ini malah bisa merugikan kesehatan, jika Anda konsumsi saat santap sahur.

Utamanya karena energi yang makanan itu menghasilkan tinggi gula, dan tidak dapat bertahan lama. Sehingga Anda akan merasa cepat kenyang, namun cepta pula lapar kembali setelahnya.

BACA JUGA: Resep Menu Sahur Sederhana Hari ke-8, Simpel dan Cepat Memasaknya

Tidak hanya itu, konsumsi gula di pagi hari juga menimbulkan efek samping kelelahan serta berkurangnya tingkat fokus di siang hari. Ini yang menjadi kesimpulan studi pada Journal Medical Hypotheses.

Makanan santap sahur pedas

2. Makanan Pedas
Tan bisa Anda pungkiri, banyak sajian makanan bercita rasa pedas yang menggugah selera. Sehingga membuat olahan ini mempunyai banyak penggemar.

Jika Anda adalah salah satunya, mulailah saat ini untuk membatasi olahan-olahan pedas tersebut. Utamanya saat santap sahur.

Dalam sebuah cabai, mengandung senyawa pedas yakni capsaicin. Begitu capsaicin masuk ke dalam perut yang kosong saat sahur, lambung dan sistem pencernaan rentan teriritasi.

Kondisi tersebut kemudian meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga kamu berisiko mengalami dehidrasi saat puasa. Itulah sebabnya makanan santap sahur jenis ini harus Anda hindari.

3. Gorengan
Siapa yang tak senang dengan makanan jenis ini. Rasanya yang gurih dan cara memasaknya yang sederhana, membuat gorengan menjadi salah satu olahan santap sahur favorit.

BACA JUGA: Doa Sahur Puasa Ramadhan yang Diharuskan Kamu Baca

Namun di balik itu semua, menu yang satu ini tidak awet kenyang. Sehingga Anda akan cepat merasa lapar. Sebab gorengan rendah serat, namun tinggi natrium bisa menyebabkan penurunan energi, sehingga tubuh mudah lemas.

Kelancaran ibadah puasa semakin terganggu dengan tingginya lemak jenuh dalam gorengan yang juga memicu asam lambung naik, seperti dilansir dari laman Healhtline.

4. Makanan Santap Sahur Tinggi Garam
Berbagai masalah kesehatan seperti darah tinggi, gagal jantung hingga stroke telah lama dikaitkan dengan makanan tinggi garam.

Bukan hanya itu, dari laman Medical News Today,ditemukan bahwa makanan asin menyebabkan keinginan untuk makan terus. Sifat utama garam yakni menarik air juga mengakibatkan tubuh mudah mengalami dehidrasi.

5. Makanan Berlemak
Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti kentang goreng, pizza, dan ayam cepat saji umumnya rendah akan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya, kamu akan merasa lebih cepat lapar dan kelelahan.

Tak hanya perut lapar, sistem pencernaan juga ikut terganggu ketika kamu mengonsumsi makanan santap sahur tinggi lemak saat sahur. Hal ini karena lemak dapat mempercepat kinerja pencernaan yang mengakibatkan diare, sehingga ibadah puasa terasa tidak nyaman.***

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *