Bahaya Tidur Setelah Sahur, dapat Meningkatkan Resiko Obesitas

mengantuk setelah sahur

radartegalonline – Pernahkah kita merasa lebih mengantuk setelah sehabis makan. Karena ternyata tubuh secara otomatis memproduksi hormon tertentu, setelah mengkonsumsi makanan. Padahal bahaya tidur setelah makan sahur dapat meningkatkan beberapa resiko kesehatan.

Padahal kebiasaan setelah makan sangat tidak disarankan, termasuk setelah sahur. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko heartburn hingga obesitas.

Oleh karena itu, pahami bahaya tidur setelah makan sahur. Berikut ini, agar anda bisa melakukan pencegahan yang disarankan.

 Bahaya tidur setelah makan

Bahaya tidur setelah mengkonsumsi makanan, dapat meningkatkan resiko resiko kesehatan antara lain sebagai berikut.

BACA JUGA: Mengisi Bulan Ramadhan dengan Amalan, Membuat Ramadhan Penuh Makna

Meningkatkan risiko heartburn

Saat anda mengkonsumsi makanan, maka makanan tersebut akan masuk dan memproduksi asam di dalam perut. Kemudian jika anda berbaring atau tidur, tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik dan makanan serta asam akan naik kembali ke esofagus sehingga dapat memicu refluks.

Kondisi seperti ini dapat memicu rasa panas atau perih seperti terbakar atau disebut dengan heartburn.

Selain itu, heartburn juga memicu rasa tidak nyaman saat berbaring atau membungkuk serta tentunya mengganggu kualitas tidur anda.

Menurunkan kualitas tidur

Mengantuk dan rasa ingin tidur merupakan hal yang wajar setelah makan ataupun sahur. Namun jika tidur setelah makan sahur ternyata bisa menurunkan kualitas tidur, khususnya jika porsi makanan yang terlalu besar atau berlebihan.

Saat kondisi berbaring atau tidur, sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik. Hal tersebut dapat mengakibatkan tidur yang terganggu dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Selain membuat tubuh merasa lelah stelah bangun dari tidur, suasana hati juga akan menurun dan memicu rasa mengantuk berlebihan pada siang hari.

Meningkatkan risiko obesitas

Sistem pencernaan tidak dapat mencerna makanan dengan baik, ketika kondisi tubuh dalam posisi berbaring atau tertidur.

Walaupun bukan faktor utama dari obesitas, kebiasaan buruk ini akan membuat tubuh tidak bisa membakar kalori yang masuk sehingga menyebabkan berat badan naik.

Risiko obesitas akan bertambah besar ketika anda jarang olahraga dan sedikit melakukan aktivitas fisik sehingga akan memicu penyakit berbahaya lainnya, seperti halnya penyakit jantung bahkan stroke.

Meskipun kondisi mengantuk setelah makan ataupun sahur merupakan hal yang wajar, namun anda di sarankan agar tidak langsung tidur.

Berikan jeda setidaknya 3 jam, sebelum berbaring atau tidur agar tubuh bisa mencerna makanan yang masuk dan agar bisa menghindari bahaya tidur setelah makan sahur tersebut.***

 

 

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *