by

Dinkes Butuh 30 Ribu Dosis Per Hari untuk Capai Herd Imunity

BREBES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui dinas kesehatan (dinkes) setempat membutuhkan sedikitnya 30 ribu dosis perhari untuk capaian vaksinasi di kota bawang merah tersebut.

Dengan 30 ribu dosis per hari ini diharapkan Brebes bisa mencapai herd immunity Desember mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinkes Kabupaten Brebes dr Sri Gunadi saat menerima bantuan 20 ribu dosis dari Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani, Senin (14/9).

Gunadi menyebutkan, saat ini cakupan vaksin di Kabupaten Brebes masih di bawah 15 persen. Hal ini disebabkan masih ada beberapa faktor dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Brebes.

“Salah satunya itu tadi ketersediaan vaksin yang masih kurang. Di Brebes sendiri ada 1,5 juta orang yang harus divaksin. Dengan kata lain, di Brebes butuh 30 ribu dosis per hari untuk mencapai herd immunity Desember nanti,” ujarnya.

Dijelaskannya, berbagai upaya telah dilakukan oleh pihaknya dalam memenuhi stok vaksinasi di Kabupaten Brebes. Salah satunya, selalu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan mitra yang ada.

“Salah satunya dengan mitra dari Komisi IX DPR RI ini, tadi kami mendapatkan bantuan 20 ribu dosis dari Anggota DPR RI Dewi Aryani,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi di tingkat kecamatan melalui puskesmas-puskesmas yang ada. Dengan saat ini yang menjadi prioritas utama yaitu lanjut usia (lansia), Orang Dengan Resiko (ODR), dan pelajar.

“Khusus untuk pelajar saat ini memang masuk prioritas kami dalam pemberian vaksin. Dan saat ini sudah dilakukan di pondok pesantren-pesantren yang ada di Kabupaten Brebes,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani mengatakan, pemberian 20 ribu dosis vaksinasi itu bertujuan untuk membantu percepatan pembentukan kekebalan komunal atau herd immunity di Kabupaten Brebes. Bantuan tersebut merupakan bantuan aspirasi vaksin Sinovac untuk 20.000 warga Kabupaten Brebes.

“Bantuan vaksin ini tujuannya untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Brebes. Diharapkan, dengan adanya bantuan vaksin ini percepatan vaksinasi di Brebes terus bertambah,” singkatnya. (radartegal.com)

Comment