by

Tropicana Slim Ajak Masyarakat Cegah Diabetes Sejak Dini

Jakarta, 6 April 2021 – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2021, Tropicana Slim mengadakan kegiatan #BeatDiabetes Online Festival 2021 dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mencegah dan melawan diabetes. Tahun ini, Tropicana Slim mengangkat tema baru tentang salah satu isu yang sangat dekat dengan keseharian masyarakat, yaitu perubahan iklim dan dampaknya terhadap kesehatan, khususnya pada diabetisi.

#BeatDiabetes Online Festival 2021 terdiri dari serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif secara virtual pada 6, 7, 10 dan 11 April 2021, mulai dari sesi edukasi bersama Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, edukasi bersama komunitas Sobat Diabet, Healthy DIY Cooking bersama chef tentang penyajian makanan minuman kekinian dengan lebih sehat, serta senam online serentak di 52 kota se-Indonesia.

Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, “Sebagai brand yang sudah hampir 50 tahun konsisten menginspirasi masyarakat Indonesia hidup sehat melalui serangkaian produk bercita rasa tinggi, Tropicana Slim berkomitmen untuk selalu relevan dengan isu-isu terkini yang dapat memperngaruhi kualitas hidup dan kesehatan masyarakat serta konsisten mengajak untuk mencegah dan melawan diabetes, salah satunya kaitan antara ‘Dampak Perubahan Iklim dan Diabetes’.” Melalui #BeatDiabetes 2021, Tropicana Slim membagikan informasi terkini bagaimana dampak perubahan iklim terhadap diabetes serta tips mencegah dan melawan diabetes di era perubahan iklim yang kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Pada tanggal 6 dan 7 April 2021, Tropicana Slim mengedukasi masyarakat Indonesia melalui Facebook Live dan YouTube Tropicana Slim. Sesi #BeatDiabetes 2021 terdiri dari dua sesi edukasi, mulai dari sesi “Meet the Expert” bersama dr. Dicky Tahapary, Ph.D., SpPD-KEMD (Staff Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes, Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI) dan Vania Santoso (Founder HeySTARTIC dan Young Climate Champion), membahas hubungan antar perubahan iklim dengan diabetes. Sementara  itu, Tropicana Slim  juga mengadakan sesi  “Learn from Sobat Diabet  Community” bersama dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD (pendiri Komunitas Sobat Diabet), membahas tentang hubungan anak muda, perubahan iklim  dan risiko diabetes serta bagaimana anak muda perlu makin sadar akan pentingnya hidup sehat dan mencegah diabetes sejak dini.

dr. Dicky Tahapary, Ph.D., SpPD-KEMD, Staff Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes, Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI mengatakan, “Perubahan iklim saat ini nyata adanya dan memiliki dampak bagi kesehatan. Menurut NCBI (National Center for Biotechnology Information) Amerika Serikat menyebutkan bahwa peningkatan suhu dan cuaca ekstrim akibat perubahan iklim global dapat meningkatkan risiko masyarakat menjadi lebih mudah sakit atau bahkan mengalami kematian, terutama bagi para penderita diabetes yang memiliki komplikasi kardiovaskular. Tidak hanya itu, para penderita diabetes cenderung mengalami dehidrasi dan heatstroke (serangan stroke akibat gelombang panas) ketika suhu lingkungan meningkat, sehingga berisiko mengalami masalah kesehatan kardiovaskuler dan bahkan serangan jantung.”dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, pendiri Komunitas Sobat Diabet mengatakan, “Selama bertahun-tahun, Sobat Diabet hadir dan secara konsisten mengedukasi anak muda Indonesia agar sadar bahwa diabetes, khususnya diabetes tipe 2 semakin banyak menyerang anak muda, khususnya di Asia. Sebuah review yang dipublikasikan pada jurnal Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa usia seseorang terdiagnosis diabetes diketahui lebih muda pada orang Asia, dibandingkan dengan orang Amerika dan Eropa. Penelitian lain menunjukkan bahwa 1 dari 5 penderita diabetes yang dipelajari ternyata terdiagnosis terkena diabetes pada usia di bawah 40 tahun. Diabetes bisa dicegah apabila anak muda Indonesia sadar akan risikonya serta menjalani gaya hidup sehat.”.

Comment