by

Pertahankan Jalan Mantap, DPU Kabupaten Tegal Perbaiki 32 Ruas Jalan

SLAWI – Pemeliharaan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Tegal sudah mulai dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Sedikitnya delapan ruas jalan sudah bisa dinikmati masyarakat hingga saat ini.

Kepala DPU Kabupaten Tegal, Hery Suhartono didampingi Kabid Jalan, Sudarso SST, Selasa (23/3), mengatakan saat ini 10 ruas jalan sedang dalam proses pekerjaan dan 14 ruas jalan siap dikerjakan. Sedangkan pemeliharaan jalan total ada di 32 lokasi, dan delapan lokasi sudah selesai dikerjakan.

Pemeliharaan jalan rutin diperuntukan bagi jalan yang masuk kategori jalan mantap. “Kategori jalan mantap yakni jalan dengan kualifikasi baik dan sedang. Jalan yang menjadi kewenangan Kabupaten Tegal panjangnya yakni 847,27 kilometer,” katanya.

Dari jumlah tersebut, tambah Hery Suhartono, sekitar 688 kilometer masuk kategori jalan mantap. Dengan kondisi intensitas hujan yang tinggi, kemungkinan jalan mantap sudah berkurang.

Tapi dirinya berupaya agar jalan di Kabupaten Tegal tetap mantap. Upaya yang dilakukannya selama ini, dengan melakukan pemeliharaan rutin. “Rencananya, pemeliharaan rutin akan menyasar sekitar 32 ruas jalan. Namun, jumlah anggaran pemeliharaan rutin hanya Rp 7,1 miliar,” tambahnya.

Hery melanjutkan jumlah itu belum bisa mencakup semua jalan mantap. Diperkirakan, anggaran tersebut hanya bisa menjangkau sekitar 10 persen dari kebutuhan yang seharusnya ditangani.

Karenanya, Hery meminta maaf jika masih ada jalan yang berlubang. “Terima kasih juga kepada pengguna jalan yang sering memberikan informasi tentang kondisi jalan rusak. Pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintas di jalan yang belum tertangani, mohon maaf atas ketidaknyamanannya saat berkendara.”

Jalan yang sudah diperbaiki, di antaranya ruas Yomani-Karangjambu, Karangjamu-Guci, Simpar-Kajenengan, perempatan Balamoa, Adiwerna Singkil-Kalipucang, Grobogkulon-Grobogwetan, perempatan Pilkita Kendal Serut, dan Setu-Mindaka Tarub.

Untuk pemeliharaan jalan yang tengah dilakukan saat ini yakni di wilayah Perkotaan Slawi. Diantaranya, Jalan Kancil, Jalan Anoa, Jalan Flores Baru, Alun-alun Hanggawana, Jalan KS Tubun, Jalan Prof Yamin dan sejumlah jalan lainnya.

Pemeliharaan ini juga dilakukan di ruas Jalan Bogares-Pangkah-Balamoa, Jalan Pala 27-Padaharja, Jalan Balamoa-Kemantran, Duren Sawit-Tegalandong, Karangjambu-Cilongok-Danareja, Jatinegara-Cikura, Batumurah-Dukuhbenda, Babakan-Jatibogor, dan Bumijawa-Jejeg.

14 lokasi akan segera dikerjakan. Tinggal menunggu jadwal pelaksanaan, karena timnya bergiliran untuk melakukan perbaikan. (radartegal.com)

Comment