Lokal  

2 Minggu Operasi Patuh Candi 2023, Polisi Jamin Tak Ada Razia Tapi Andalkan Tilang Elektronik dan Manual

Operasi Patuh Candi 2023

radartegalonline – Satlantas Polres Tegal akan menggelar Operasi Patuh Candi 2023 mulai hari ini, Senin 10 Juli 2023 Juli 2023 hingga 23 Juli 2023 mendatang. Giat tersebut sesuai dengan instruksi Ditlantas Polda Jawa Tengah (Jateng).

Selama dua minggu ke depan, dalam pelaksanaan operasinya anggota kepolisian akan melakukan penindakan melalui tilang. Tindakan tegas itu berupa tilang elektronik atau ETLE dan manual, tetap tidak ada tilang stasioner atau razia kendaraan.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar SH SIK MH membenarkan hal sersebut. Menurutnya, tilang elektronik akan menjadi fokus utama penegakan hukum selama dua pekan operasi.

“Untuk jenis pelanggaran yang tidak bisa tercover sistem ETLE, kami juga akan menggunakan tilang manual. Tidak ada tilang stasioner atau tilang razia. Personel kita dorong untuk mobile guna menemukan pelanggaran,” katanya, Minggu 9 Juli 2023.

BACA JUGA: Awas Kena! Polres Tegal Intensifkan Tilang Elektronik yang Terhubung Database Kendaraan

Fokus Operasi Patuh Candi 2023

Kasatlantas menambahkan operasi bertujuan untuk menindak pelaku pelanggaran aturan lalu lintas, yang berpotensi menimbulkan kecelakaan serius. Misalnya tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, ngebut, melawan arus, dan lainnya.

“Kami lebih memprioritaskan penggunaan tilang elektronik, dengan mengkombinasikannya dengan pendekatan edukasi dan preventif,” ungkapnya.

Meskipun menjadi agenda tahunan, Satlantas Polres Tegal akan melaksanakan operasi kali ini dengan lebih hati-hati. Utamanya terkait dengan keadaan politik yang semakin pekat, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Untuk itulah, pelaksanaan operasi kali ini lebih menekankan pada pendekatan preventif dan edukatif,” tambahnya lagi.

Erwin Chan mengatakan sebelum pelaksanaan operasi, Satlantas Polres Tegal sudah melakukan sosialisasi kepada para pengemudi dan pengguna kendaraan bermotor di wilayah hukumnya. Sehingga tidak ada lagi pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan.

BACA JUGA: Patroli Malam, Kapolres Tegal Pastikan Kota Slawi Aman

Demuikian informasi tentang pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023, yang akan berlangsung mulai hari ini, Senin 10 Juli 2023 hingga 23 Juli 2023 mendatang.***

Ikuti Kami di