Pelatihan Broadcast

Radio Radar CBS mengadakan Pelatihan Broadcast 2017 Di gedung Graha Pena Radar Tegal, peserta mengikuti pelatihan Broadcast ini dengan sangat antusias. Minggu (15/1).

Hadir dalam kesempatan itu, Komisioner KPID Jawa Tengah (Jateng) Asep Cuwantoro sekaligus memberikan materi pelatihan ”Mewujudkan Siaran Sehat dan Gayeng”. Dalam materinya, dia menyatakan bahwa Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standart Program Siaran (P3SPS) wajib dipatuhi dan dilaksanakan pembuat program siaran.

”Dalam UU tentang Penyiaran 32/2002, P3SPS menjadi dasar dan ketentuan dalam standar program siaran,” ungkapnya di sela-sela penyampaian materi.

Lebih lanjut Asep menuturkan, selain sebagai bentuk penyadaran pada peserta pelatihan broadcast, pihaknya berharap bisa mengedukasi masyarakat. Di mana mereka juga berhak mendapatkan sajian acara atau siaran sesuai kebutuhan.

Sebab, dalam mekanisme penyiaran atau program acara, baik di televisi maupun radio harus menjamin kepatuhan terhadap regulasi. Namun dengan sajian konten acara yang menarik, menghibur, serta mengandung unsur edukasi.

”Sehingga, pembuat program tidak hanya membuat program siaran yang diinginkan demi kepentingan bisnis, tapi lebih pada kebutuhan dan edukasi kepada masyarakat,” terangnya di hadapan 20 peserta pelatihan broadcast, yang meliputi kepala sekolah, mahasiswa, penyiar radio, serta masyarakat umum.

Asep menambahkan, untuk mempertegas tugas dan fungsi KPID dalam melakukan pengawasan P3SPS serta pemberian sanksi pelanggaran program siaran atau acara diharapkan bisa menertibkan pembuat program.

Di sisi lain, masyarakat sebagai unsur kontrol sosial juga diharapkan bisa lebih berpartisipasi dalam pengawasan. Selain itu, masyarakat juga dapat memberikan saran serta informasi jika ada konten dan program siaran atau acara yang dinilai melanggar ketentuan dalam siaran.

”Jika ada pelanggaran, bisa diadukan via sms ke 081326026000 atau telepon 024 8448608,” pungkasnya. (syf/zul)

Komentar